Senin, 19 Desember 2016

Kista Ovarium atau Kista Indung telur

Tahukah kalian mengenai salah satu jenis penyakit yang dimiliki oleh wanita yaitu kista ovarium, mari kita bahas! Kista ovarium adalah tumor jinak berupa kantong yang tidak normal dengan adanya cairan yangg tumbuh di ovarium. Indung telur berbentuk kantong cairan yang terdapat pada
jaringan ovarium. Kadangkala kista ovarium juga disebut dengan kista fungsional karena akan dibentuk setelah telur dilepaskan ketika ovulasi. Kista jenis ini akan menyusut setelah beberapa waktu dan bahaya lain yang dapat ditimbulkan adalah kista ovarium tidak menutup kemungkinan dapat menjadi kanker ovarium.
http://catatan9sehat.blogspot.co.id/2016/12/kista-ovarium-atau-kista-indung-telur.html


Kista Ovarium adalah sejenis penyakit tumor jinak berupa kantong abnormal berisi cairan atau setengah cair yang tumbuh dalam indung telur (ovarium). Tumbuhnya kista tersebut bisa membuat terganggunya siklus haid, tingkat kesuburan dan juga rasa sakit yang luar biasa.

Gejala Kista Ovarium
Tidak banyak wanita yang menyadari bahwa kanker ovarium timbul dari gejala yang beda dengan wanita normal lainnya. Biasanya gejala yang dirasakan adalah gangguan ketika haid, sakit pada kandung kemih dan juga rasa nyeri spontan saat melakukan hubungan seksual. Sadar sejak dini sangant di utamakan untuk mengetahui gejala-gejala yang mungkin saja sering wanita anggap hal biasa tapi ternyata dapat memicu kista ovarium. Mengingat kista ovarium akan menyebar jika kista bersifat ganas pada keadaan kanker ovarium.

Untuk dapat mengenali kista yang bersifat ganas, dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Setelah dilakukan serangkaian test (USG) dan apabila di temukan kista yang berkembang dan cepat membesar, kista yang memiliki dinding yang tebal juga tidak berurutan, biasanya kista berbentuk padat dan berada di area ovarium.

Beberapa hal yang harus diwaspadai bila mengalami gejala-gejala seperti berikut:
Kista yang berukuran besar atau banyak, dapat menimbulkan: rasa sakit pada panggul, sakit saat berhubungan seks, peradangan rahim yang normal. Sedangkan Kista yang berukuran kecil tidak menunjukkan gejala atau rasa sakit, kecuali jika pecah atau terpuntir. Kista juga dapat menimbulkan perut terasa kembung, penuh dan berat, Merasa kandung kemih anda tertekan sehingga sulit buang air kecil, Siklus menstruasi menjadi tidak teratur, nyeri di sekitar panggul, biasanya menetap atau sesekali yanng menyebar ke panggung bawah dan paha, nyeri ketika anda bersenggama, payudara nyeri dan mengeras serta mual hingga ingin muntah

Penyebab Kista Ovarium:
Kista Ovarium ini dapat disebabkan oleh gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus hipofise (organ yang mengatur pembentukan hormon pada manusia) serta gangguan pembentukan hormon indung telur sehingga ini berdampak pada kesehatan indung telur pada ovarium atau saluran ovarium.

Berikut beberapa cara pencegahan
Tetapi setelah anda membaca beberapa ciri-ciri tersebut jangan terburu-buru memvonis diri anda mengidap penyakit kista ovarium. Langakah selanjutnya lakukanlah pemeriksaan yang khusus dapat membuat anda mengetahui apakah anda akan berpotensi kista jinak atau kista yang memicu bahaya untuk kesehatan. Beberapa kasus ditemukan bahwa wanita yang telah mengalami kerusakan alat-alat reproduksi baru berkonsultasi dengan dokter. Oleh karena itu disarankan untuk anda melakukan upaya pencegahan sebagai berikut :
  1. Lakukan pemeriksaan klinis genekologik, hal ini dapat membantu anda mengetahui perkembangan kista ovarium
  2. Pemeriksaan USG dengan alat doppler untuk mendeteksi aliran darah
  3. Dilakukan pemeriksaan tumor marker
  4. Pemeriksaan CT-Scan ataupun MRI jika dibutuhkan
  5. Berolahraga yang cukup
  6. Menjalankan pola hidup sehat
  7. Bagi pasangan yang sudah menikah, usahakan hamil sesegera mungkin karena hal ini dapat mencegah pembentukan kista melalui cara mengurangi frekuensi haid dan aktivitas hormon.
  8. Rutin memeriksakan diri ke dokter.

Berikut jenis-jenis kista ovarium :
  1. Kista Folikuler: Jenis kista yang sederhana yang terbentuk karena terjadi tidak terjadinya proses ovulasi atau pecahnya folikel. Kista ini berbentuk pada masa ovulasi hingga mencapai ukuran diameter 5-6 cm. Kista jenis ini akan membuat anda merasakan sakit yang tajam pada area ovarium. Adapula penderita yang mengalami rasa sakit ketika sedang mengalami siklus menstruasi. Biasanya kista ini akan menghilang sendirinya.
  2. Kista Corpus Luteum: Kista ovarium fungsional terjadi karena adanya sel telur yang dilepaskan dari folikel sehingga berubah menjadi corpus luteum. Pada masa kehamilan, corpus luteum akan merusak dan hilang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan diisi dengan cairan darah dan tinggal di ovarium.
  3. Kista Hemoragik: Jenis kista ovarium fungsional yang terjadi karena adanya pendarahan pada kista. Gejala yang mungkin muncul adalah adanya sakit pada perut.
  4. Kista Dermoid: Tumor jinak yang disebut juga teratoma kistis matang. Kista jenis ini bisa tumbuh mencapai ukuran diameter 15 cm.

Beberapa Faktor Penyebab Timbulnya Kista Ovarium
Penyakit kista pada dinding ovarium adalah penyakit yang terdapat benjolan pada dinding rahim. kista ini dapat terletak dibagian bagian tertentu, seperti dirahim, di indung telur, payudara, vagina, dan ovarium. Cara mengobatinya apun sangat banyak. Ada yang menyembuhkan dengan obat kista Baca selengkapnya » 

Beberapa Cara Pencegahan Penyakit Kista Ovarium
Penyakit kista adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti selain itu penyakit ini juga dianggap sebagai silent killer, karena gejala dan penyakitnya yang sulit terdeteksi. Namun kista pada stadium tertentu mengandung tingkat kematian yang tinggi. Berbeda dengan kanker serviks yang pencegahannya bisa dilakukan dengan Baca selengkapnya » 

Beberapa Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Di konsumsi Oleh Penderita Kista Ovarium
Menyambung dari artikel sebelumnya mengenai kista ovarium, mari kita mengenal lebih banyak mengenai kista jenis ini. Kista yang sangat dikhawatirkan oleh kaum wanita ini adalah salah satu kista yang perkembangannya akan mengakibatkan gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Meskipun pada dasarnya kista akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi ketidaknyaman bagi wanita yang menderita kista Baca selengkapnya »

Kista Ovarium Dalam Fase Pembengkakkan
Penyakit kista ovarium adalah salah satu penyakit yang menyerang wanita yang pada umumnya banyak terjadi pada wanita, baik usia muda atau juga usia lanjut. Penyakit kista ovarium mempunyai dua kategori yang utama. Yakni adalah penyakit Baca selengkapnya »

Beberapa Cara Yang Patut Di Lakukan Untuk Mengatasi Kista Ovarium Yang Pecah
Pada umumnya, kista ovarium bukanlah penyakit yang membahayakan pada tubuh wanita apabila kista tersebut masih dalam berukuran kecil bahkan beberapa kasus ditemukan kista akan menghilang dengan sendirinya pada tubuh wanita. Adapun kista yang membahayakan adalah kista Baca selengkapnya » 

Mitos atau Fakta: Mengenai Penyakit Kista
Penyakit yang lebih sering menyerang wanita selalu membuat siapapun waspada, hal ini lebih di perburuk dengan adanya mitos yang menyebar dengan masyarakat seputar kesehatan alat reproduksi. Seringkali kita mendengar informasi tanpa di dasari ilmiah sehingga sering salah kaprah dalam menanggapi dan menangani nya. Salah satu mitos yang sering kita dengar adalah mitos Baca selengkapnya » 

Mitos Atau Fakta: Penderita Kista Sulit Memperoleh Keturunan
Seringkali rasa takut membuat kita jadi tidak bersemangat lagi untuk melawannya. Ini menyebabkan segala macam bentuk informasi akan mudah saja diterima tanpa mencari tau terlebih dahulu fakta nya. bagi seorang wanita penderita penyakit kista, tentu di butuhkan penyemangat agar terus survive dalam melawan penyakitnya. Namun sering kali kita jumpai beberapa informasi tentang penderita penyakit kista yang tentu nya semakin memperburuk keadaan, salah satu nya adalah mengenai penderita kista sudah dapat dipastikan Baca selengkapnya » 

Mitos atau Fakta: Penderita Kista Pada Masa Kehamilan memiliki potensi mengalami Keguguran
Kehamilan adalah fase terpenting yang sangat ditunggu terutama bagi pasangan suami istri yang baru atau sudah lama menikah karena pada dasarnya setiap pasangan berharap memiliki keturunan yang dapat membahagiakan, pelepas penat seharian bekerja, pelengkap keutuhan berumah tangga. Setiap pasang suami istri pada dasarnya memiliki keunikan tersendiri yang mereka alami pada fase kehamilan seperti Baca selengkapnya »