Kamis, 22 Desember 2016

Beberapa Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Selama Menstruasi

Fase mentruasi pada setiap wanita merasakan bermacam gejala dan jangka waktu mentruasi yang berbeda beda. Ini dikarenakan setiap wanita mempunyai faktor kesehatan tubuh yang berbeda beda pada setaip wanita. Dan pada artikel kali ini, penulis kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi
atau patut dihindari saat menstruasi. Umumnya pada fase ini, tubuh wanita biasanya akna terasa lelah, tidak nyaman, dan suasana hati yang menjadi tidak stabil. Bahkan beberapa wanita mengeluhkan, seringkali mengalami depresi ringan saat menjelang menstruasi. Hal ini tentu saja membuat orang-orang disekitarnya menjadi tidak nyaman.

Pada umumnya, wanita merasakan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan seperti, perut terasa nyeri, kram dan sakit kepala akibat dari kontraksi rahim. Gelaja ini disebut dengan dismenore, dan hampir semua wanita ketika akan menstruasi mengalami dismenore dengan gejala yang berbeda beda. Namun sesungguhnya hal tersebut dapat dikurangi dan bahkan dapat dihilangkan selama periode menstruasi apabila anda menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat.

Berikut beberapa jenis makanan yang dihindari selama menstruasi:
1.      Makanan yang Dipanggang
Ada beberapa banyak cara untuk mengurangi atau meghindari rasa nyeri yang selalu mengganggu pada saat menstruasi dan dengan tidak mengkonsumsi jenis makanan yang di olah dengan cara dipanggang adalah salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri selama periode menstruasi. Karena pada setiap makanan yang dipanggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, yang mana hormon ini adalah salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada rahim. Untuk itulah, hindarkan makanan yang dipanggang selama anda sedang dalam periode menstruasi.

2.      Gorengan atau makanan yang di goreng
Selain makanan yang dipanggang, makanan olahan lain yang mampu meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh adalah makanan yang melalui proses penggorengan. Jenis makanan apapun yang digoreng tentunya akan mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan seperti, tempe goreng, pisang goreng, bakwan, kentang goreng dan ayam goreng, ada baiknya di hindari selama menstruasi untuk menjaga kadar hormon esterogen agar tetap stabil. Dengan menghindari makanan gorengan, anda dapat mengatasi kram dan nyeri yang mungkin menyerang anda selama menstruasi.

3.      Makanan cepat saji, Kaleng dan Olahan
Jenis makanan lainnya yang baiknya dihindari selama periode menstruasi adalah makanan kaleng dan olahan. Sebab dalam setiap makanan kaleng, selalu terdapat kandungan sodium. Sementara, sodium adalah kandungan yang harus anda hindari karena dapat menyebabkan retensi air sehingga dapat membuat tubuh menjadi bengkak. Untuk itulah amat disarankan untuk menghindari makanan kaleng dan makanan olahan yang mengandung MSG.

4.      Makanan atau minuman Mengandung Kafein
Jenis makanan ini juga sebaiknya patut di hindari karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein selama periode mentruasi memiliki efek yang mampu menyempitkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka yang terjadi adalah dehidrasi yang tidak dapat terhindarkan. Dehidrasi yang anda rasakan ketika periode menstruasi dapat menjadi depresi ringan yang menimbulkan sakit kepala.

5.      Makanan Biji-bijian yang Sudah di olah
Biji-bijian asli yang melalu proses pengolahan akan kehilangan sebagian besar nutrisi yang dikandungnya. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil ketika anda mengkonsumsi biji-bijian olahan selama periode menstruasi. Kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil juga berpengaruh besar pada berkurangnya nafsu makan anda.

Salah satu cara terbaik dalah menjaga kesehatan termasuk dengan menghindari beberapa jenis makanan yang terindikasi dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Pada fase menstruasi, wanita berada dalam mood yang buruk, ditambah dengan muncul segala keluhan, hal ini tentunya akan sangat menyiksa wanita itu sendiri dan orang orang disekelilingnya. Untuk itu, hindari makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk mencegah gejala yang tidak menyenangkan terjadi pada anda.